Sunday, January 22, 2012

Cara membuat blog di blogger

Sebenarnaya kalau bicara masalah blog apalagi blogger, bukanlah situs ini yang pertama mempublishkan bagaiamana cara pembuatan blog, tapi hanya sekedar memperdalam ilmu tentang blogging sekalian berbagi kepada ikhwan dan akhwat sekalian.
sedikit perkenalan tentang blog, blogging dan blogger.
  1. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
  2. blogging adalah aktivitas blog atau membuat blog
  3. sedangkan blogger jika dirujuk pada kata dasar maka berarti pelaku blogging, tapi blogger yang dimaksud disini adalah penyedia layanan blog.
Itulah perkenaln singkat, nah sekrang kita akan belajar membuat blog di blogger (blogspot) semisal tentang Hoby (TRAVEL).
untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:
  1. Terlebih dahulu bukalah situs blogger di www.blogger.com , kemudian anda akan diarahkan pada halaman seperti gambar dibawahHalaman awal blogger.comjika ikhwan sudah memiliki akun google maka tinggal pilih sign in saja, jika belum andapun masih bisa menggunakan email lain dengan memilih get started.

  2. Jika anda memilih get started, maka anda akan dihadapkan ke halaman seperti pada gambar dibawahciptakan akunIsi semua kolom mulai dari alamat email (email yang aktif), password, nama tampilan (nama yang akan ditampikan di blog, semisal: Andi, Achmad, Ikhwan Fadhiel). Jangan lupa verifikasi kata, pilih selanjutnya.

  3. kemudian anda akan dihadapkan pada halaman seperti pada gambar dibawah

    Judul blog, Nama blog, Nama AlamatJudul blog yaitu tentang apa blog anda (contoh: My Traveling), alamat blog (semisal: travel.blogspot.com), jika sudah maka ceklah terlebih dahulu cek ketersedian, kemudian lanjutkan ke proses selanjutnya.

  4. Langkah selanjutnya adalah memilih template awal (desain/warna tema) blog.

    pilih templatepilihlah satu diantara delapan sesuai dengan kesukaan anda.

  5. Mulai blogging

    sudah jadiproses pembuatan blog kini sudah selesai.

  6. Kemudian anda akan dihadapkan pada halaman seperti pada gambar dibawah.mulai postingMulailah kegiatan posting, tentukan terlebih dahulu judulnya kemudian isinya. label adalah kategory posting (semisal anda posting tentang travel ke Bali maka tulislah labelnya : travel, Bali), click terbitkan enti jika sudah selesai, simpan jika masih dalam konsep, atau preview untuk pratinjau.

  7. Anda telah membuat sebuah posting, saatnya melihat hasilnya.

    lihat entriclick lihat entri untuk hasil, edit entri untuk edit post, atau buat enti baru.

  8. Pastinya anda langsung ingin melihat bagaimana hasilnya.

    hasil

Sampai disini sudah selesai tahapan dalam membuat blog juga membuat posting....














Artikel Terkait

Cara membuat blog di blogger
4/ 5
Oleh

Berlangganun

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 comments