Saturday, January 21, 2012

Cara Membuat Website / Situs

Screenshoot website al-alauddin.com
Pada kesempatan ini kita akan berbagi sedikit tentang cara membuat Website, tentunya langkah pertama untuk membuat website adalah perkenalan tentang website itu sendiri dulu.

Singkatnya, Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs, adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya yang ada di Internet, dipergunakan untuk saling tukar menukar informasi.

Setidaknya untuk bisa membuat situs di Internet kita perlu mengenal beberapa komponen, diantaranya:
  1. Nama Domain / nama situs biasa disebut URL (Uniform Resource Locator)
    Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Contoh: www.al-alauddin.com (nama situs blog ini). lebih lengkapnya click disini Nama domain
  2. Web hosting (Rumah data)
    Yaitu dimana data situs tersimpan baik berupa file, gambar, video, database, sofware dan lain-lain yang nantinya akan ditampilkan pada situs tersebut.
  3. Bahasa program (Scripting language)
    yaitu bahasa yang dipergunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah website, diantaranya : HTML, CSS, JavaScript, PHP, xslt, actionScript, JavaScript, XML, ASP , Asp. Net, ColdFusion, JSP, Dll.
  4. Desain situs
    pastinya sangat dibutuhkan dalam desain situs, diusahakan seramah mungkin agar pengunjung senang berkunjung kembali.
  5. File transfer protokol (FTP)
    yaitu ruang Upload dan Download data dari komputer pribadi ke komputer server, ftp dapat berupa software maupun pelayanan langsung dari internet contoh ftp software: Filezilla
Selamat mencoba!
diadopsi dari : anneahira.com

Artikel Terkait

Cara Membuat Website / Situs
4/ 5
Oleh

Berlangganun

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email