SATUAN ACARA PENGAJARAN(SAP)
I. Identitas mata kuliah
a. Mata kuliah : Psikologi pendidikan
b. Kode mata kuliah : -
c. Fakultas : Tarbiyah dan Pendidikan
d. Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris
e. Jenjang : S1
f. Bobot : 3SKS
g. Dosen : UmiKusyairy, S.Psi., M.A./ Dra. St. NurjannahY.T., M.Ed.
II. Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori psikologi dan proses perubahan perilaku manusia yang berhubungan dengan aspek-aspek pendidikan manusia. Mata kuliah ini berkaitan dengan mata kuliah psikologi umum, psikologi belajar, psikologi perkembangan, dan perkembangan peserta didik.
III. Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang teori-teori psikologi dan proses-proses perubahan perilakuterkait dengan pendidikan manusia.
IV. Standar kompetensi
1. Mengetahuiruang lingkup psikologi pendidikan.
2. Mampu menjelaskan dan memahami teori-teoripsikologidan proses-proses perubahanperilakuterkaitdenganpendidikandi sepanjang rentang kehidupan manusia.
3. Mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selaras dengan aktivitas pendidikan manusia.
V. Indikator
1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi pendidikan.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses psikologis yang berhubungan dengan pendidikan.
3. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai kosep diri dan implikasinya dalam pendidikan.
4. Mahasiswa mampu menjelaskan model pembelajaran berbasis teori psikologi.
5. Mahasiswa mampu menjelaskan pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan.
6. Mahasiswa mampu menjelaskan sumber dan macam perbedaan individu dalam belajar.
7. Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen lingkungan pembelajaran
8. Mahasiswa mampu menjelaskan teori belajar dan implikasinya pada pendidikan.
9. Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar untuk melakukan evaluasi hasil belajar.
10. Mahasiswa memiliki memahami mengenai pembelajaran tuntas.
VI. Materi Pokok
1. Konsep dasar psikologi pendidikan
2. Proses psikologis terkait pendidikan
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotorik
d. Intelegensi
e. Motivasi
3. Konsep diri (teori dan implikasinya dalam pendidikan)
4. Model pembelajaran berbasis teori psikologi
5. Pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan
6. Perbedaan individu dalam belajar
7. Manajemen lingkungan pembelajaran
8. Teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan pembelajaran sosial)
9. Evaluasi hasil Belajar
10. Pembelajaran tuntas
VII. Aktivitaspembelajaran
1. Tatap muka
2. Diskusi
3. Tugas kelompok
VIII. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Diskusi
XI. Penilaian
1. Presensi dan perilaku : 10%
2. Partisipasi di kelas : 15%
3. Tugas kelompok : 15%
4. Ujian Tengah Semester : 30%
5. Ujian Akhir Semester : 30%
X. Uraian Pokok Bahasan
No. | Tanggal pertemuan | Topik |
1. | 13 Februari2012 | a. Kontrak perkuliahan b. Konsep dasar psikologi pendidikan dan kontribusinyabagipendidikan |
2. | 20Februari 2012 | Diskusi tentang peran aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam mengembangkan regulasi diri terkait pendidikan. |
3. | 27Februari 2012 | Diskusi tentang peran aspek intelegensi dan motivasi dalam mengembangkan regulasi diri terkait pendidikan. |
4. | 5 Maret2012 | Diskusi tentang konsep diri: teori dan implikasinya pada pendidikan |
5. | 12 Maret 2012 | Diskusi tentang model pembelajaran berbasis teori psikologi (langsung, kooperatif, masalah, dan gabungan) |
6. | 19 Maret 2012 | Diskusi tentang pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan |
7. | 26 Maret 2012 | Diskusi tentang perbedaan individu dalam pembelajaran |
8. | 2 April 2012 | Ujian Tengah Semester |
9. | 9 April 2012 | Diskusi tentang manajemen lingkungan pembelajaran |
10. | 16 April 2012 | Diskusi tentang teori Behaviorismedan implikasinya dalam pendidikan |
11. | 23 April 2012 | Diskusi tentang teori belajar kognitivisme dan implikasinya dalam pendidikan |
12. | 30 April 2012 | Diskusi tentang teori belajar Konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan |
13. | 7 Mei 2012 | Diskusi tentang teori belajar pembelajaran sosial dan implikasinya dalam pendidikan |
14. | 14 Mei 2012 | Diskusi tentang evaluasi hasil belajar |
15. | 21 Mei 2012 | Diskusi tentang pembelajaran tuntas |
16. | 28Mei 2012 | Ujian Akhir Semester |
Referensi:
1. Dimyati&Mudjijono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen PT Depdikbud.
2. Elliot, S.N., Kratochwill, dan Travers J.F. (2000). Educational psychology: Effectiveteaching, efectivelearning. Boston: McGraw-Hill.
3. Slavin, R.E. 1994. Educational psychology: Theoryandpractice. Boston: Allynand Bacon.
4. Sugihartono, Fathiyah, K.N., Setiawati, F.A., Harahap, F., & Nurhayati, S.R. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.
5. Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo.
TUGAS KELOMPOK
M.K. PSIKOLOGI PENDIDIKAN
JURUSAN PBI SMT. II ANGK. 2011 KLS. 1.2.