Tuesday, February 14, 2012

TUGAS KELOMPOK M.K. PSIKOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN PBI SMT. II ANGK. 2011 KLS. 1.2

SATUAN ACARA PENGAJARAN(SAP)

I. Identitas mata kuliah

a. Mata kuliah : Psikologi pendidikan

b. Kode mata kuliah : -

c. Fakultas : Tarbiyah dan Pendidikan

d. Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris

e. Jenjang : S1

f. Bobot : 3SKS

g. Dosen : UmiKusyairy, S.Psi., M.A./ Dra. St. NurjannahY.T., M.Ed.

II. Deskripsi

Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori psikologi dan proses perubahan perilaku manusia yang berhubungan dengan aspek-aspek pendidikan manusia. Mata kuliah ini berkaitan dengan mata kuliah psikologi umum, psikologi belajar, psikologi perkembangan, dan perkembangan peserta didik.

III. Standar Kompetensi

Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang teori-teori psikologi dan proses-proses perubahan perilakuterkait dengan pendidikan manusia.

IV. Standar kompetensi

1. Mengetahuiruang lingkup psikologi pendidikan.

2. Mampu menjelaskan dan memahami teori-teoripsikologidan proses-proses perubahanperilakuterkaitdenganpendidikandi sepanjang rentang kehidupan manusia.

3. Mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selaras dengan aktivitas pendidikan manusia.

V. Indikator

1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi pendidikan.

2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses psikologis yang berhubungan dengan pendidikan.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai kosep diri dan implikasinya dalam pendidikan.

4. Mahasiswa mampu menjelaskan model pembelajaran berbasis teori psikologi.

5. Mahasiswa mampu menjelaskan pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan.

6. Mahasiswa mampu menjelaskan sumber dan macam perbedaan individu dalam belajar.

7. Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen lingkungan pembelajaran

8. Mahasiswa mampu menjelaskan teori belajar dan implikasinya pada pendidikan.

9. Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar untuk melakukan evaluasi hasil belajar.

10. Mahasiswa memiliki memahami mengenai pembelajaran tuntas.

VI. Materi Pokok

1. Konsep dasar psikologi pendidikan

2. Proses psikologis terkait pendidikan

a. Kognitif

b. Afektif

c. Psikomotorik

d. Intelegensi

e. Motivasi

3. Konsep diri (teori dan implikasinya dalam pendidikan)

4. Model pembelajaran berbasis teori psikologi

5. Pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan

6. Perbedaan individu dalam belajar

7. Manajemen lingkungan pembelajaran

8. Teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan pembelajaran sosial)

9. Evaluasi hasil Belajar

10. Pembelajaran tuntas

VII. Aktivitaspembelajaran

1. Tatap muka

2. Diskusi

3. Tugas kelompok

VIII. Metode Pembelajaran

1. Penugasan

2. Diskusi

XI. Penilaian

1. Presensi dan perilaku : 10%

2. Partisipasi di kelas : 15%

3. Tugas kelompok : 15%

4. Ujian Tengah Semester : 30%

5. Ujian Akhir Semester : 30%

X. Uraian Pokok Bahasan

No.

Tanggal pertemuan

Topik

1.

13 Februari2012

a. Kontrak perkuliahan

b. Konsep dasar psikologi pendidikan dan kontribusinyabagipendidikan

2.

20Februari 2012

Diskusi tentang peran aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam mengembangkan regulasi diri terkait pendidikan.

3.

27Februari 2012

Diskusi tentang peran aspek intelegensi dan motivasi dalam mengembangkan regulasi diri terkait pendidikan.

4.

5 Maret2012

Diskusi tentang konsep diri: teori dan implikasinya pada pendidikan

5.

12 Maret 2012

Diskusi tentang model pembelajaran berbasis teori psikologi (langsung, kooperatif, masalah, dan gabungan)

6.

19 Maret 2012

Diskusi tentang pola asuh orangtua dan implikasinya pada pendidikan

7.

26 Maret 2012

Diskusi tentang perbedaan individu dalam pembelajaran

8.

2 April 2012

Ujian Tengah Semester

9.

9 April 2012

Diskusi tentang manajemen lingkungan pembelajaran

10.

16 April 2012

Diskusi tentang teori Behaviorismedan implikasinya dalam pendidikan

11.

23 April 2012

Diskusi tentang teori belajar kognitivisme dan implikasinya dalam pendidikan

12.

30 April 2012

Diskusi tentang teori belajar Konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan

13.

7 Mei 2012

Diskusi tentang teori belajar pembelajaran sosial dan implikasinya dalam pendidikan

14.

14 Mei 2012

Diskusi tentang evaluasi hasil belajar

15.

21 Mei 2012

Diskusi tentang pembelajaran tuntas

16.

28Mei 2012

Ujian Akhir Semester

Referensi:

1. Dimyati&Mudjijono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen PT Depdikbud.

2. Elliot, S.N., Kratochwill, dan Travers J.F. (2000). Educational psychology: Effectiveteaching, efectivelearning. Boston: McGraw-Hill.

3. Slavin, R.E. 1994. Educational psychology: Theoryandpractice. Boston: Allynand Bacon.

4. Sugihartono, Fathiyah, K.N., Setiawati, F.A., Harahap, F., & Nurhayati, S.R. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

5. Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo.

TUGAS KELOMPOK

M.K. PSIKOLOGI PENDIDIKAN

JURUSAN PBI SMT. II ANGK. 2011 KLS. 1.2.

KLP

Materi

Anggota Kelompok

1

Diskusi tentang peran aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam mengembangkan regulasi diri terkait pendidikan.

Agung Afriandi S.,

Hardianti Lestari,

Fitri Amaliyah

2

Diskusi tentang peran multipleIntelligence: terkhusus pada kaitan antara perkembangan bahasa dengan intelegensi dalam proses pendidikan

Abdul Rahman,

Asti Astuti Ningsih, A. Muliana,

Habluddin

3

Diskusi tentang faktor-faktor psikis dan fisik yang mempengaruhi proses pendidikan.

Anita N.,

Chaidir A.,

Edwin Adnan,

4

Diskusi tentang model pembelajaran berbasis teori psikologi (langsung, kooperatif, masalah, dan gabungan)

Desriana,

Dirwan,

Edwin Adnan

5

Diskusi tentang implikasi pola asuh orangtua dan pendidikan agamaterhadap proses pendidikan

Ahmiranil K.,

A. Mulyana T.,

Hariadinur

6

Diskusi tentang perbedaan belajar individu dalam proses characterbuildingpada pendidikan

Amiruddin,

Abd. Gafur,

Darmayanti,

Fatma Sari

7

Diskusi tentang kontribusi manajemen lingkungan pembelajaran (sekolah alam dan sekolah berbasis information Technology) terhadap pendidikan

A. Winda,

Haslindah,

Fadel M.,

8

Diskusi tentang teori behaviorismedan implikasinya dalam pendidikan

A. Rizkinawati,

Febrina D.,

Azhar M.Z.

9

Diskusi tentang teori belajar kognitivisme dan implikasinya dalam pendidikan

Abu Yasid,

Ahmad Muflih,

Dwi Oktaviani,

Fitriyani

10

Diskusi tentang teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan

A. Muhammad Syukri,

Ardiman,

Emilia

11

Diskusi tentang teori belajar pembelajaran sosial dan implikasinya dalam pendidikan

Devi Ratna Sari,

Abd. Muarif,

Ahmad Muhajir

12

Diskusi tentang proses evaluasi hasil belajar dan prestasi belajar

A. Evi jayanti,

Alwi A.,

Fitriani,

FahrudinNurhidayat

Artikel Terkait

TUGAS KELOMPOK M.K. PSIKOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN PBI SMT. II ANGK. 2011 KLS. 1.2
4/ 5
Oleh

Berlangganun

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email