Saturday, May 25, 2013

Kaya Dengan Menabung


Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
Rajin pangkal pandai hemat pangkal kaya
Barang siapa menabur benih pasti akan menuai hasil

Nah itulah beberapa pepatah anjuran menabung, menabung itu ibarat angkat barbel, semakin sering diangkat semakin membuat otot kita terbentuk, begitupula menabung, semakin sering kita menabung maka semakin besar pula saldo rekening kita, dahulu ketika kecil mungkin kita terbiasa menabung di celengan ayam dari tanah liat, kalau ada perlu atau lagi butuh uang, tinggal pecahkan aja celengannya, atau mungkin menabung pada celengan kaleng, semakin banyak isinya semakin ribut bunyinya, ya karena memang isinya dominan uang koin.

Nah, sekarang udah mahasiswa pastinya ngak nabung pake celengan ayam lagi bukan, bukan hemat malah jadi boros, soalnya mungkin aja teman lain bisa mecahin celengan kita, tapi secara pribadi saya pernah loh menabung pada celengan kaleng, walaupun agak ringan dan ngak ribut, tapi ternyata cukup lumayan isinya, kalau setiap minggu aja bisa nabung 20rb, maka dalam sebulan akan terkumpul 80rb, nah kalau setahun udah jadi 960rb, belum lagi kalau bisa nabung 50rb dalam seminggu, sebulan bisa terkumpul 200rb, dan setahun bisa jadi 2.400rb, wah jumlah yang lumayan bukan.

Menabung uang di celengan dalam jumlah yang besar bukanlah hal yang baik, sepupu saya pernah kehilangan uang senilai 500rb dari celengan kalengnya, tiba-tiba saja pada pagi hari celengannya sudah dalam keadaan terbuka, padahal kondisi rumah pada malam hari terkunci, ya akhirnya diikhlasin aja, daripada berprsangka yang tidak-tidak. 

nah demi menghindari kejadian seperti itu ngak ada salahnya kan buka rekening, apalagi sekarang ada banyak bank yang menawarkan tabungan khususus buat kalangan muda, administrasi bulanan yang ditawarkanpun pun cukup terjangkau, bahkan ada juga tabungan yang menawarkan bebas biaya administrasi yaitu rekening Tabunganku yang dikeluarkan oleh BI dan bisa didapatkan di bank-bank, baik di bank pemerintah seperti Bank Mandiri, Mutiara Bank (Century), BNI, BRI, BTN maupun di bank swasta seperti BCA dan lain-lain yang semuanya berjumlah 41 bank.

Saya pribadi menggunakan rekening khsusus untuk pemuda, yaitu Taplus Muda dari BNI dan Tahapan Expresi dari BCA, cuman saya lebih aktif pake BCA tahapan Ekspresi dan BNI saya sebentar lagi akan dormant, karena BCA punya layanan mesin setor tunai yang dekat dari lokasi domisili saya, yang mempermudah saat ingin menabung, sayapun tidak malu-malu saat ingin melakukan setoran dengan nominal rendah, karena kita bisa melakukan setoran mulai dari 20rb, 50rb, sampai 100rb, tapi sejauh ini saya belum pernah melakukan setoran 20rb. saking keasyikan menabung hampir setiap minggu saya melakukan setoran tunai dari Cash Deposit Machine (CDM) atau mesin setor tunai, dan alhamdulillah tanpa saya sadari rekening saya menunjukkan traffic meningkat.


Artikel Terkait

Kaya Dengan Menabung
4/ 5
Oleh

Berlangganun

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email