No
|
Pokok Bahasan dan TIU
|
Teknik Pembelajaran
|
1
|
Peranan dan fungsi bahasa indonesia
|
Mahasiswa mengetahui:
|
|
|
1. Peranan dan pentingnya bahasa Indonesia dalam konsep Ilmiah
|
|
|
2. Memahami fungsi bahasa Indonesia sebagai alat untuk menyerap
dan mengungkapkan hasil pemikiran
|
|
|
3. Menunjukkan rasa wajib pada diri sendiri terhadap pemakaian
bahasa Indonesia
|
2
|
Ragam Bahasa
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ragam bahasa sebagai sebagai
sarana komunikasi ilmiah
|
3
|
EYD dan tanda baca
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang
|
|
|
1. Ejaan dan kaidah tata tulis
|
|
|
2. Penggunaan huruf kapital, huruf miring, pemenggalan kata
secara ortografis, penulisan kata, istilah, kata depan, dan unsur serapan,
penulisan angka dan penggunaan tanda baca
|
4
|
Pilihan kata (Diksi)
|
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
berkaitan dengan pilihan kata (Diksi), antara lain cara kriteria memilih dan
menggunakan pilihan kata
|
5
|
Kalimat Efektif
|
Mahasiswa diharapkan
|
|
|
1. Mengetahui batasan kalimat/tuturan yang betul dan efektif
|
|
|
2. Memahami adanya kesalahan atau kekurangan efektifan dalam
suatu turunan dipandang dari bahasa yang biak dan benar
|
|
|
3. Menerapkan cara pembetulan dan pnegktifan suatu tuturan
dengan tepat
|
6
|
Kalimat Efektif (Pengertian ciri dan contoh kalimat efectif)
|
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
berkaitan
|
|
|
1. Pengertian kalimat efectif
|
|
|
2. ciri kalimat efectif mengetahui kalimat yang tidak memiliki
kelengkapan unsur kalimat dan mampu dan membetulkan kesalahan kalimat
|
7
|
kalimat efectif turunan
|
Mahasiswa dapat
|
|
|
1. menjelaskan tentang ciri-ciri kalimat turunan yang relevan
dengan karang mengarang
|
|
|
2. Memahami proses pembentukan kalimat turunan, menyusun kalimat
turunan dari kalimat turunanan dari kalimat-kalimat dasar menjadi kalimat
turunan dengan baik dan logis
|
8
|
Alinea
|
Mahasiswa megetahui
|
|
|
1. batasan alinea
|
|
|
2. bagian-bagian alenea memahami fungsi dan kandungan pada
bagian-bagian alinea
|
|
|
4. Mengembangkan dan cara pengembangan kalimat menjadi kalimt
luas atau kelompo kalimat
|
9
|
Alinea (Pengembangan alimea
|
Mahasiswa dapat menjelaskan
|
|
|
1. Kegunaan alinea, macam-macam alinea
|
|
|
2. Cara pengembangan alinea dengan memanfaatkan logika induktif
(pengembangan dengan ilustrasi), dan deduktif, (pengembangan dengan analisis
penalaran atau penjelasan)
|
10
|
Perencanaan penulisan karanangan Ilmiah
|
Mahasiswa dapat melakukan
|
|
|
1. Pemilihan topic
|
|
|
2. Pembatan topic
|
|
|
3. Pemilihan judul
|
|
|
4. Menentukan tujuan penulisan
|
|
|
5. Menentukan bahan penulisan dan
|
|
|
6. menentukan kerangka karangan
|
|
|
7. Langkah-langkah penulisan ilmiah
|
11
|
Kerangka karangan (Outline)
|
Mahasiswa dapat memberikan
|
|
|
1. Definisi kerangka karangan
|
|
|
2. Manfaat kerangka karangan, dan
|
|
|
3. Penyusunan kerangka karangan
|
12
|
Kutipan (Quotation)
|
Mahasiswa mampu
|
|
|
1. Menjelaskan kegunaan kutipan
|
|
|
2. Mampu mengutip pendapat, konsep
|
|
|
3. dan hasil penelitian baik secara langsung maupuntidak
langsung
|
|
|
4. Mengutip untuk dibahas, ditelaah, dikritik, diperentangkan
atau diperkuat, mengaikan isi tulisan denagn penemuan-penemuan atau
teori-teori yang telah ada
|
13
|
Abstarak dan daftar pustaka
|
Mahasiswa dapat menyusun abstrak pada penulisan ilmiah dengan
benr dan mampu membuat daftar pustaka, sesuai dengan kidah yang berlaku
|
14
|
Kegiatan menulis di perguruan tinggi
|
Mahasiwa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
berkaitan dengan menulis sebagai proses:
|
|
|
- Tahap prapenulisan
|
|
|
- Tahap penulisan
|
|
|
- Tahap revisi
|
Pokok Bahasan Bahasa Indonesia - PBI UIN Alauddin
4/
5
Oleh
Azhar